Loketa Bulba

 



Nama saya Fauzan Adiwidya Kurniawan dari kelas 8E, kali ini saya akan menceritakan kegiatan maulid Nabi yang telash dilaksanakan pada tanggal Senin, 26 Oktober 2020 di SMP Labschool Rawamangun. Kegiatan Maulid nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad , yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kegiatan maulid nabi di SMP labschool rawamangun dimeriahkan dengan berbagai macam lomba ada dua; loketa(lomba keterampilan agama) dan Bulba(bulan Bahasa)

 

 

 

Seperti biasa, murid murid registrasi ke zoom angkatan pada jam 07.00 pagi untuk pembukaan. Pertama, pembukaan dibuka oleh MC dari OSIS. Lalu, dilanjutkan dengan Tilawah dan satiwalah dari rohis AMIN, Sambutan ketua POMG (Dr. Deny Aryasari), sambutan kepala sekolah (Asdi wiharto), dan yang terakhir sambutan dari Kepala BPS. Nah setelah itu, ada ceramah yang disampaikainkan oleh Ust Usaid Fatturahman. Materi yang disampaikan oleh Kak fatthur sangatlah bermanfaat. karena kita bisa lebih mendalami sifat dan karakteristik Rasulullah,  kita  mempelajari sejarah isra dan miraj, dan cara mendekatkan diri ke Rasulullah. Saya bisa mempelajari bahwa Nabi Muhammad memiliki akhlaq dan sifat-sifat yang sangat mulia.

 

 

 

 Oleh karena itu hendaklah kita mempelajari sifat-sifat Nabi seperti Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh. Mudah-mudahan dengan memahami sifat-sifat itu, selain kita bisa terhindar dari mengikuti orang-orang yang mengaku sebagai Nabi, kita juga bisa meniru sifat-sifat Nabi sehingga kita juga jadi orang yang mulia. Kegiatan isra miraj adalah Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah salat dari Allah SWT.  Proses terjadinya isra miraj sangatlah tidak mudah karena melawati banyak ritangan termasuk kaum bani israil dan gangguan yang lainya. dan cara mendekatkan diri kepada Rasulullah ada 5 cara,

 

1. Mendirikan Shalat

 

Dengan mendirikan salat lima waktu dan tepat waktu anda bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Jadi, jangan lupa untuk menjalankan salat 5 waktu dan tinggalkan semua urusan dunia dan dekatkan dirimu kepada Allah SWT saat adzan berkumandang dan bergegas untuk mendirikan salat.

 

2. Membaca alquran,

 

Al-Quran diturunkan oleh Allah untuk diamalkan dan dijadikan petunjuk jalan bagi orang-orang yang beriman serta bertawakal.

 

3. Selalu Menjadi Pribadi

 

yang Bersyukur Dengan bersyukur maka Anda bisa semakin dekat dengan Allah SWT. Ada beberapa cara bersyukur yang diantaranya: Bersyukur dengan hati dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan Allah.

 

4. Ingat Kematian dan Tidak Tergiur dengan Dunia,

 

Sangat menakutkan jika membayangkan kematian. Karena kita sebagai manusia, masih memiliki banyak kesalahan dan dosa.

 

5. Berzikir dan Jalankan Ibadah Sunah,

 

Zikir atau wirid sering diartikan menyebut nama Allah SWT, dan biasanya dilakukan secara rutin untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

 

 

Lalu, setelah ceramah yang disampaikan oleh Ust Usaid Fatturahaman tentang Rasulullah dan sejarah isra miraj. Agenda selanjutnya untuk kegiatan maulid nabi adalah Loketa (lomba keterampilan agama), lomba Loketanya bermacam-macam ada adzan, kaligrafi, Dai, komik islam, MTQ, dan yang terakhir dari lomba Loketa adalah Tahfiz. Saya pribadi mengikuti kaligrafi, pengalaman saya mengikuti kaligrafi sangat seru. Karena, dengan mengikuti kaligrafi kita bisa mengembangkan ilmu seni kita dan ilmu ke-agamaan kita.  Setelah itu, acara selanjutnya adalah Bulba(bulan bahasa) lomba lomba yang diadakan di acara bulba adalah menulis cerpen, membaca puisi, debat, fotu, poster, dan pidato.

 

 

 

Kesimpulannya, kegiatan maulid nabi ini sangat menyenangkan dan sangat menarik. Namun sayang esok harinya sekolah normal, hari kejepit, njengkelin. Huahuahuahuahua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Labs

Tugas Essay Kelas 8

Kolaborasi Masyarakat Digital