Rangkuman Bab 1


RANGKUMAN BAB I
Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet


Pengertian Internet dan Komputer Secara Singkat dan Jelas

·        Internet adalah suatu sistem jaringan terinterkoneksi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP. Kata Internet sendiri berasal dari kata interconnected-networking yang artinya jaringan komputer yang saling terkoneksi. Jutaan jaringan yang berupa jaringan LAN, MAN, dan WAN adalah jaringan – jaringan yang saling terhubung dan membuat jaringan yang sangat besar yaitu Internet.
·        Internet pun juga berkembang berupa mengikuti perkembangan teknologi jaringan komputer, aplikasi, luas jangkauan jaringan, serta jumlah pengguna Internet.
·        Internet adalah pemeran penting dalam hal komunikasi dan akses informasi sebagai sumber data, informasi, dan sarana komunikasi.
·        Jaringan komputer terbagi menjadi dua yaitu jaringan kabel dan nirkabel atau tanpa kabel.
·        Cara menyambungkan perangkat ke internet bisa dengan jaringan LAN, ponsel (mobile data), dan satelit.
·        Kecepatan internet itu tergantung oleh bandwidth yang ada, bandwidth tersebut dihitung oleh satuan bps.
·        Jika menggunakan ISP, banyak yang harus dipikir baik baik seperti kecepatan transfer daya, biaya, luas jangkauan, dan teknologi yang digunakan.
·        Intranet adalah jaringan komputer pribadi yang menggunakan teknologi yang sama dengan internet. Perbedaannya adalah intranet memiliki jaringan pribadi milik organisasi tertentu yang hanya dapat diakses oleh organisasi tersebut / tidak untuk umum
·        Jenis-jenis aplikasi  internet yang umum digunakan adalah WWW, discussion board, newsgroup, mailing list, email, weblog, jejaring sosial, media sosial (medsos), mesin pencari, aplikasi berbasis cloud, dan cloud storage.
·        Salah satu mesin pencari paling canggih saat ini adalah mesin pencari Google yang menerapkan sistem indeks dan berbagai algoritma pencarian yang canggih untuk memberikan hasil pencarian dengan akurat.
·        Macam-macam teknologi pengamanan data yaitu firewall dan enkripsi data.
·        Teknik pencurian data yang sering digunakan adalah eavesdropping, spoofing, email spoofing, phishing, pharming, cookies, spyware, adware, browser, dan hijackers


Komentar

  1. terima aksih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik, tambahkan gambar di blog kamu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Labs

Tugas Essay Kelas 8

Kolaborasi Masyarakat Digital